Jenis Formulir yang Digunakan Oleh Housekeeping

Housekeeping yaitu departemen yg bertanggung jawab menata peralatan, menjaga kebersihan, memperbarui kerusakan, serta memberi dekorasi dengan tujuan agar hotel tampak rapi, bersih, menarik dan menyenangkan penghuninya.

Berikut penjelasan dari fungsi dan kegunaan jenis-jenis formulir yang digunakan pada house keeping:

1. Log Book : buku catatan mengenai laporan dari shift 1 ke shift berikutnya. Berguna untuk menyampaikan masalah maupun pekerjaan yang telah diselesaikan 
 

2. Roomboy Control Sheet adalah formulir yang digunakan oleh Roomboy saat membersihkan kamar untuk mencatat pemakaian guest amenities dan guest supplies. 


3. Room Report yaitu formulir yang digunakan untuk mencatat dan melaporkan status-status kamar. Laporan ini disampaikan olehsupervisor. 


4 . Lost and Found Report yaitu laporan yang dibuat oleh supervisor mengenai penemuan barang milik tamu. 


5.  Housekeeping Report yaitulaporan status kamar sebagai arsip kantor hoesekeeping 

5. Lost and Damages Report : formulir untuk mencatat dan melaporkan barang atau perlengkapan kamar yang hilang, dibawa tamu maupun rusak. 


6. Repair and Maintenance Report : laporan yang digunakan memberitahukan permintaan perbaikan pada engineering department karena ada peralatan yang rusak. 


7. Inventory Report : formulir yang digunakan untuk mencatat dan mengontrol perlengkapan tamu maupun bagian housekeeping, yang meliputi : 
a. Linen 
b. Guest supplies 
c. Cleaning supplies 
d. Uniform 

8. Cleaning and Guest Supplies Report : formulir yang digunakan untuk melaporkan jumlah pemakaian obat / alat pembersih dan perlengkapan tamu yang dipergunakan dikamar. 

9. Log Book : buku catatan mengenai laporan dari shift 1 ke shift berikutnya. Berguna untuk menyampaikan masalah maupun pekerjaan yang telah diselesaikan 

10. Laundry Linen Slip yaitu formulir untuk pengiriman linen kotor dari semua department yang ada di hotel 

11. Minibar Daily Sales Report yaitu formulir untuk mencatat laporan semua minuman yang dikonsumsikan tamu dikamar. 

12. Room Check List yaitu formulir untuk mencatat data-data dan kondisi kamar yang diperiksa oleh room boy 

13. Lost and Found Book yaitu buku yang berguna untuk mencatat data barang-barang tamu yang ditemukan dikamar tamu/area hotel lainnya. 

14. Minibar Daily Late Charge Report yaitu formulir untuk mencatat semua minuman di kamar yang telah dikonsumsi tamu tetapi tidak terbayar oleh tamu. 

15. Minibar Bill yaitu formulir yang berguna untuk mencatat jumlah minuman beserta harganya untuk ditagihkan pada tamu. 

DONASI VIA PAYPAL Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain https://www.sekolahstikes.my.id/. Terima kasih.
Postingan Lebih Baru Postingan Lebih Baru Postingan Lama Postingan Lama

Komentar

Posting Komentar