CONTOH SOAL KASUS ASUHAN KEPERAWATAN ANAK

bit.ly/sekolahstikes


  1. Bayi nya.emi  jenis kel.perempuan usia 5 hari,lahir aterm spontan dengan bb 3kg dan Panjang badan 55cm di bawa ibunya ke poli anak dengan keluhan kulit bayi terlihat kuning.ibu mengatakan asi belum keluar dengan lancar.hasilpengkajian diperoleh data bayi terlihat malas menyusui,dan hasil pemeriksaan darah menunjukkan kadar bilirubin indirek 10 mg/dl. Apakah tindakan yang diperlukan untuk mengatasi masalah diatas ?
  2. a    Bayi dipuaskan sampai dengan kuningnya hilang
    b.      Beri minum yang cukup sesuai butuhan
    c.       Anjurkan menjemur bayi di bawah matahari pagi
    d.      Berikan lampu penghangat di tempat tidur bayi
    e.       Lakukan perawatan payu dara ibu
     

  1.  Bayi ny.mei jengkel laki laki usia 1 minggu dibawa ke rs dengan keluhan sesak dan tidak mau mentee.hasil pengkajian diperoleh data, frekuensi pernafasan 80x/menit,frekuensi nadi 100x/menit,suhu36,5 c,bb 3200 gr,bayi tampak sianosis terdapat pernafasan cuping hidung dan terlihat penggunaan otot pernafasan tambahan. Apakah prioritas keperawatan pda kasus di atas ?
  1. Gangguan nutrisi
  2. Gangguan pola nafas
  3. Resiko tinggi infeksi
  4. Gangguan pertukaran gas
  5. Gangguan transportasi oksigen
  1. Anak berusia 18 bulan dengan keluhan sering sakit batuk-batuk disertai sesak napas, menurut ibunya badannya kurus tidak seperti anak seusia lainnya, dari hasil pemeriksaan fisik diperoleh , HR: 140X/menit, RR: 60x/menit, suhu :38oC. Pemeriksaan jantung ada bising pansistolik gr II pungtum maksimum di SIC III-IV dijalarkan ke precordial, pemeriksaan paru-paru ditemukan tanda pneumonia(VSD). Mengapa anak tersebut bisa sesak ?
a.       Infeksi paru-par berat dan kongestif paru
b.      Kongestif paru dan gagal jantung
c.       Peradangan dan penyempitan bronkus-bronkiolus
d.      Desaturase oksigen arterial dan menurunnya SVR
e.       Menurunnya beban preload dan meningkatnya beban afterload
  1. Seorang anak laki-laki usia 5 taun, dibawa ke Rumah sakit dngan keluhan panas disertai kejang sejak 8jam sebelum dibawa ke rumah sakit. Kejang terjadi 1x dengan waktu kurang lebih 2 menit, klien muntah dan batuk disertai penurunan kesadaran. Hasil pengkajian diperoleh data : sushu: 38C, leukosit 14200 mm. apakah masalah keperawatan utama pada kasus tersebut ?
a.       Hipertermi
b.      Resiko injuri
c.       Resiko kekuangan cairan
d.      Bersihan jalan nafas tidak efektif
e.       Gangguan perfusi jaringan serebral
  1. Seorang anak berumur 10 tahun di antar orang tuanya ke klinik dr. sobandono karena mengeluh demam tinggi dan sakit sendi, pada pemeriksaan klinis ditemukan nodul subkutan pada kulit anak tersebut, pada pemeriksaan hapusan tenggorokan didapatkan hapusan SGA(+). Apakah diagnosis kasus tersebut ?
a.       Pericarditis
b.      Demam thypoid
c.       Demam rematik/remathoid hearth disease
d.      Endocarditis
e.       Chronic hearth disease
  1. Seorang anak berusia 1 tahu  dibawa orang tuanya dengan keluhan sering biru. Keluhan ini muncul sejak pasien masih kecil, namun makin lama makin parah. Pada pemeriksaan fisik didapatkan sianosis pada mukosa mulut, lidah dan kuku, jari-jari, benjolan pada dada, dan murmur sistolik pada ics 2 garis parastenal kiri. Rontgen dada menunjukkan jantung yang tidak membesar, apeks jantung bulat dan terangkat disertai cekung pada konus pulmonalis. Kelainan jantung yang menyertai penyakit bawaan ini kecuali ?
a.       Defek septum ventrikel
b.      Hipertrofi ventrikel kanan
c.       Overriding aorta
d.      Stenosis pulmonal
e.       Stenosis aorta
  1. Lina umur 11 tahun dating dengan nyeri dan pembengkakan lutut kiri. 1 minggu sebelum gejala dia mengalami demam dan batuk. Pada pemeriksaan fisik : kulit tampak adanya eritema marginatum, murmur grad 3 apeks, dan suhu : 38C. ditemukan peningkatan titer ASTO. Apa diagnosis kasus tersebut ?
a.       CHD
b.      RHD
c.       VSD
d.      CHF
e.       DHF
  1. Seorang bayi laki  –  laki lahir 2 jam yang lalu di rumah sakit dengan kondisi terdapat celah  pada bibir dan langit  – langit mulut, tampak sulit menyusu. RR 46x/menit, nadi 120x/menit, suhu 37,80C, lingkar perut 45 cm, BBL 2500 gram. Hasil pemeriksaan laboratorium: leukosit 11.000 mg/dL, Eritrosit 3500 mg/dL, Trombosit 270.000 mg/dL, Hb 16 gr/dL, Ht 30, Kalium 4,8 mEq, Natrium 138 mEq. Dokter merencanakan tindakan bedah korektif setelah BB mencukupi. Ibu tampak sedih melihat kondisi anaknya, bingung bagaiman cara menyusui anaknya dan berkata tidak tahu apa yang harus dilakukan setelah anak dibawa pulang ke rumah. Apakah diagnosa yang tepat untuk kasus di atas ?
a.      labiopalatochizis
b.      Stomatitis
c.       RHD
d.      Omphalocele
  1. Pasien An. R  MRS pada pukul 13.00 . Orang tua klien mengatakan kepala anaknya makin hari bertambah besar.  Setelah dilakukan pemeriksaan fisik hasilnya TTV     : N 120 x/mnt, S 370C, RR 30 x/mnt, Lingkar kepala 50 cm, Ubun-ubun besar menonjol bila anak menangis, Anak menangis kuat dan bernafas dangkal. Diagnosa yang tepat pada An. R diatas adalah
    1. Perubahan perfusi jaringan b/d Meningkatnya volume cairan serebrospinalis
    2. Resiko infeksi b/d lingkar kepala yang membesar
    3. Gangguan Konsep diri b/d Bertambah besar kepala setiap hari
    4. Kerusakan Integritas kulit b/d Meningkatnya volume cairan otak
  1. An.  perempuan umur 8 tahun dengan, BB 19 kg, Lingkar kepala 50 cm. Terdapat fraktur pada kepala setelah jatuh dari tangga 2 tahun yang lalu. Orang tua klien mengatakan kepala anaknya makin hari bertambah besar. Setelah dilakukan pemeriksaan fisik hasilnya TTV     : N 120 x/mnt, S 370C, RR 30 x/mnt, Lingkar kepala 50 cm, Ubun-ubun besar menonjol bila anak menangis, Anak menangis kuat dan bernafas dangkal.  Apa yang termasuk data subjektif dari kasus diatas
  1. BB 19 kg, Lingkar kepala 50 cm, TTV     : N 120 x/mnt, S 370C, RR 30 x/mnt,
  2. Orang tua klien mengatakan kepala anaknya makin hari bertambah besar
  3. Ubun-ubun besar menonjol bila anak menangis
  4. Ubun-ubun besar menonjol bila anak menangis, Anak menangis kuat dan bernafas dangkal.
  1. Seorang bayi perempuan dilahirkan dengan usus terburai diluar rongga. Bayi lahir dengan section caesaria, 37 minggu, BBL 2900 gram. Tidak ada kelainan kongenital pada keluarga. Ibu bayi tidak teratur ANC ke bidan.
    1. Kejang demam
    2. RHD
    3. Enshepalitis
    4. Meningitis
    5. Omphalocele
  2. Bayi laki-laki dilahirkan secara section cesaria. Ditemukan cincin di tali pusatnya, BBL 3000 gram, AS 4-4, PB 50 cm. tidak ada riwayat penyakit keturunan dari ibu. Ada riwayat mengkonsumsi obat tertentu disangkal oleh sang ibu. Diagnose keperawatan apakah yang palin utama pada kasus di atas ?
    1. Resiko infeksi
    2. Hipertermi
    3. Resiko ketidakefektifan perfusi jaringan perifer
    4. Hipotermi
    5. Resiko perdarahan                        
    6. CONTOH SOAL KASUS KEPERAWATAN ANAK LAINNYA KLIK DISINI 

DONASI VIA PAYPAL Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain https://www.sekolahstikes.my.id/. Terima kasih.
Postingan Lebih Baru Postingan Lebih Baru Postingan Lama Postingan Lama

Komentar

Posting Komentar