Cara mengurus surat penelitian mahasiswa keperawatan

Surat penelitian adalah hal yang wajib diurus saat setelah selesai ujian proposal dan ujian etik. Surat penelitian ini fungsinya untuk rekomendasi penelitian selain itu juga digunakan untuk pengambilan data penelitian. Pada saat sebelum melakukan penelitian hal yang harus dipenuhi adalah surat rekomendasi penelitian.Lalu bagaimana cara mengurus surat penelitian..??
Pengalaman mengurus surat Penelitian tahun 2019
Pertama kali mengurus surat penelitian ini memang butuh proses dan beberapa syarat yang harus dipenuhi. Pertama yaitu proposal harus sudah jadi mulai dari bab 1 sampai bab 3, setelah itu lulus dalam ujian etik, dan melakukan revisi dari dosen penguji ujian etik. Setelah kemudian kita akan mendapatkan surat acc ujian etik, yang ditandatangani oleh 3 penguji etik. Dari LPPM kampus akan memberikan surat atau lembar etik yang akan diberikan oleh mahasiswa. Fungsi dari lembar etik ini adalah untuk dicantumkan nantinya pada saat ujian atau sidang skripsi.
                Setelah mendapatkan lembar ujian etik langsung saja meminta surat untuk diantarkan ke bankes banpol yaitu badan kesatuan bangsa dan politik. Saat meminta surat ini usahakan judul penelitian dan nim mahasiswa valid. Setelah surat dari kampus jadi, persiapkan juga fotocopy proposal penelitian dari mulai bab 1 sampai bab 3. Setelah syarat diatas dibawa langsung saja untuk diantarkan kekantor bankes banpol tulungagung alamatnya di Jl. Yos Sudarso No.12 A, Karangwaru, Kec. Tulungagung  surat dari bankes banpol akan jadi setelah 1x 24 jam, setelah diantarkan. Artinya jika surat diantarkan pada jam 09.00 maka akan jadi besok jam 09.00.
                Saat mengambil surat yang sudah jadi dari bankes banpol, dari rumah persiapkan dahulu syarat pengambilannya yaitu fotocopy ktp 1x, amplop putih besar 7. Nah jika syaratnya sudah dibawa tinggal ambil surat kebankes banpol dari sana surat yang sudah jadi, kita akan disuruh fc surat tersebut untuk arsip dan untuk disahkan dengan stempel. Surat 7 tersebut ada yang ditujukan untuk peneliti yang bersangkutan, dinas kesehatan tulungagung, kapolres tulungagung, dandim, dan bapeda. Dari bankes banpol misal kita akan melakukan penelitian di puskesmas maka kita lebih dahulu kirim surat yang sudah jadi tadi dari bankes banpol kirim ke dinkes tulungagung.

                Surat yang sudah jadi dari dinkes tulungagung kita lampirakan untuk ditujukan kemasing- masing tembusan surat. Nah dari sini proses pengurusan surat penelitian hampir selesai. Tinggal kita kirim saja surat tembusan tersebut sesuai dengan tembusannya. Untuk biaya pengurusan surat penelitian ini tidak membayar sama sekali alias gratis, kita hanya mengeluarkan uang untuk keperluan fotocopy, amplop dan biaya transportnya.
Memang perlu waktu dan butuh proses untuk pengurusan surat penelitian ini. Dari sini antar kesitu lalu urus lagi, dan menunggu lagi. Tapi yakinlah setelah kita melewati proses ini akan membuahkan hasil yang hasil tersebut diluar expetasi kita.
Untuk kalian mahasiswa keperawatan yang sedang mengurus surat penelitian, ada masih bingung bisa kita berdiskusi dikolom komentar dibawah ini. Pembahasan singkat ini mengenai mengurus surat penelitian ini semoga bermanfaat untuk semua.

DONASI VIA PAYPAL Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain https://www.sekolahstikes.my.id/. Terima kasih.
Postingan Lebih Baru Postingan Lebih Baru Postingan Lama Postingan Lama

Komentar

Posting Komentar