Cara Mengerjakan Analisa Data Keperawatan


Cara Mengerjakan Analisa Data Keperawatan
Analisa data keperawatan merupakan salah satu susunan dari asuhan keperawatan. Didalam analisa data terdapat data - data fokus yang digunakan baik untuk melakukan rencana tindakan asuhan keperawatan dan juga untuk menegakkan dalam suatu diagnosa keperawatan.
Untuk mengerjakan analisa data keperawatan terdapat suatu rumus atau kata kunci. Kata kunci  tersebut ada 3.  yaitu ada problem, etiologi, symtom atau yang dikenal dengan singkatan PES.  Kata kunci PES harus ada didalam analisa data keperawatan, karena problem, etiologi, symtom / subjek  merupakan kata yang saling berkaitan satu sama lain.
Sebelum kita belajar mengerjakan analisa  data keperawatan, kita ketahui dulu apa yang dimaksud dengan Problem, Etiologi dan Symtom / Subjek.
Problem ( Masalah )
Problem atau masalah adalah yang terjadi pada suatu kasus dalam asuhan keperawatan, biasanya masalah tersebut timbul dari munculnya suatu manifestasi klinis atau tanda dan gejala. Ciri khusus dalam mengerjakan masalah didalam analisa data adalah hal yang paling mendasar yaitu dengan melihat data subjektif dan data objektif dari suatu kasus keperawatan.
Etiologi
Etiologi merupakan suatu penyebab dari suatu penyakit. Untuk mengerjakan analisa data  Etiologi harus sinkron atau mempunyai keterkaitan dengan laporan pendahuluan. Pada saat mengisi atau mengerjakan analisa data di etiologi atau penyebab biasanya harus menggunakan suatu pohon masalah atau dikenal dengan pathway, woc .
Symtom (Subjektif)
Symtom adalah suatu istilah didalam analisa data. Didalam symtom terdapat kelompok data. Kelompok data tersebut berfungsi untuk mendukung munculnya masalah dari suatu keperawatan.  Kelompok data didalamnya terdapat subjek dan objek.
Data subjektif merupakan data yang diambil dari wawancara langsung sedangkan data objektif yaitu data dari pemeriksaan fisik, pemeriksaan penunjang atau laborat.
Untuk mengerjakan analisa data keperawatan sebelumnya harus mengerjakan atau mengisi laporan pendahuluan dan data fokus keperawatan.
Berikut susunan dari analisa data keperawatan
1. Kelompok data (Symtom)      
2. Kemungkinan Penyebab (Etiologi)      
3. Masalah (Problem)
Tidak perlu bingung dalam mengerjakan analisa data keperawatan. Karena analisa data keperawatan muncul dari data fokus keperawatan dan dari hasil pengkajian. Dari data  tersebut tinggal kita masukkan didalam analisa data keperawatan.


Contoh analisa data keperawatan
Kelompok data
(S)
Kemungkinan penyebab (E)
Masalah
(P)
Keterangan : data  dibawah ini diambil dari hasil pengkajian awal. Dalam mengisi atau mengerjakan kelompok data harus sama dengan pengkajian awal didata fokus keperawatan.

S : Klien mengatakan waktu bangun tidur mengalami kelemahan pada eksterimatas sinistra

O : - K/U cukup
-   Klien mengalami hemiplegia sinistra
-   TTV (Tanda – tanda vital) :
-          TD : 160/100 mmHg
-          N : 83x / menit
-          RR : 20X/menit
-          S : 36 Derajat C

Keterangan :
Didalam kelompok data objektif pengisiannya
Harus mendukung dari data subjektif.  
Keterangan : data dibawah penyebab (etiologi) diambil dari laporan pendahulan keperawatan / lp keperawatan
(Jadi data ini harus sinkron atau sama dari lp keperawatan).



Trombus, Emboli cerebral

(Tanda panah menurun)

Sumbatan aliran darah

(Tanda panah menurun)

Suplai darah kejaringan tidak adekuat

(Tanda panah menurun)

Gangguan perfusi jaringan cerebral
Keterangan :
Masalah keperawatan diambil dari kemungkinan penyebab (Etiologi) yang terletak dibawah sendiri.







Gangguan perfusi jaringan cerebral

Kesimpulan :
Untuk mengerjakan analisa data harus mencantumkan 3 kata kunci yaitu PES antara lain problem, etiologi dan symtom. Selain kata kunci tersebut  dibutuhkan data – data dari hasil pengkajian. Baik dari pengkajian anamnesa, pemeriksaan fisik, pemeriksaan penunjang.
Urutan saat membuat analisa data yaitu
1. Membuat laporan pendahuluan keperawatan
2. Membuat Konsep dasar Asuhan Keperawatan
3. Melakukan Pengkajian dan mengisi data Fokus
4. Mengisi data fokus keperawatan
5. Membuat analisa data keperawatan
DONASI VIA PAYPAL Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain https://www.sekolahstikes.my.id/. Terima kasih.
Postingan Lebih Baru Postingan Lebih Baru Postingan Lama Postingan Lama

Postingan lainnya

Komentar

Posting Komentar